Main Menu

Minggu, 16 September 2012

diferensiasi



Diferensiasi merupakan salah satu aspek penting dalam pemasaran yang bertujuan untuk membedakan bisnis anda dari pesaing. Hal ini penting terutama jika bersaing di pasar yang sangat ketat dengan pesaing anda, maka strategi diferensiasi yang kuat mutlak diperlukan.


Berikut ini adalah beberapa diantaranya.
1. Lakukan evaluasi terhadap materi pemasaran para pesaing
Yang dimaksud pada tahap ini adalah mengumpulkan semua informasi materi pemasaran dari pesaing utama di pasar yang anda geluti. Informasi seperti materi iklan, brosur-brosur, dan juga materi konten situs mereka bisa anda gunakan untuk melihat strategi diferensiasi seperti apa yang mereka terapkan.
2. Temukan keunikan bisnis anda
Setelah anda mempelajari strategi diferensiasi yang dijalankan oleh para pesaing, saatnya menentukan diferensiasi dari bisnis yang dijalani. Tentukan perbedaan bisnis anda dari pesaing yang telah anda evaluasi.

3. Komunikasikan keunikan tersebut
Setelah berhasil menentukan keunikan dari bisnis yang anda jalankan, saatnya mengkomunikasikan keunikan tersebut kepada para pelanggan. Pesan inilah yang akan menjadi inti dari kampanye pemasaran anda agar dapat terbentuk diferensiasi yang diinginkan.
Contohnya seperti slogan produsen mobil Jerman Mercedez Benz. Beberapa slogannya yang berbunyi “The best or nothing”, “This is Mercedes-Benz”, “Unlike Any Other”, dan terutama “Engineered like no other car in the world” semuanya mengkomunikasikan pesan yang hendak disampaikan yaitu bahwa Mercedez Benz menawarkan keunggulan prestise serta teknologi yang terbaik. Nilai itulah yang menjadi diferensiasi dari Mercedez Benz dan menjadi bagian dari merk itu sendiri.
4. Penuhi janji bisnis anda
Agar diferensiasi yang telah terbentuk dapat membuat pelanggan loyal terhadap bisnis anda, pertahankan kemampuan bisnis untuk terus menerus secara konsisten mempertahankan diferensiasi yang telah terbentuk untuk memenuhi harapan pelanggan. Jika mampu memenuhi melebihi harapan mereka, loyalitas pelanggan akan terbentuk secara otomatis.





0 komentar:

Posting Komentar