Main Menu

Minggu, 16 September 2012

BRAND






Brand adalah nama atau simbol yang bersifat membedakan (seperti sebuah logo, cap atau kemasan) dengan maksud mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang penjual atau sebuah kelompok penjual tertentu. Dengan demikian suatu brand membedakannya dari barang dan jasa yang dihasilkan oleh kompetitor. 
  • Brand adalah sebuah logo yang simple. Contoh. Logo Golden Arches Mc Donald
  • Brand adalah instrumen legal, yang ada untuk mematenkan atau mendaftarkan hak cipta.
  • Brand adalah sebuah perusahaan. Contoh. Coca Cola
  • Brand adalah pengurang resiko. Brand meyakinkan konsumen pada saat kebingungan terhadap produk/jasa.
  • Brand adalah positioning. Brand berhubungan dengan brand lainnya di benak konsumen apakah ia lebih baik, lebih buruk, lebih cepat, lebih lambat dan lain lain.
  • Brand adalah personalitas, disamping fungsinya. Contoh Apple iPod melawan MP3 player lainnya.
  • Brand adalah gabungan dari nilai-nilai. Contoh. Google mudah diandalkan, inovatif, cepat dan lai-lain.
  • Brand adalah vision. Disini para manajer terispirasi melihat brand dengan gabungan-gabungan nilainya. Dalam konteks vision brand adalah sasaran atau misi.
  • Brand adalah nilai tambah, dimana konsumen melihat nilai diseputar sebuah brand dan diatas kompetisi dengan brand lain. Contoh: Audi dengan Volkswagen, dan Volkswagen dengan Skoda – walaupun terdapat kesamaan-kesamaan.
  • Brand adalah identitas yang memasukan setiap komponen, tergantung brandnya. Contoh: Body Shop International yang memuat nilai etika, ramah lingkungan dan keyakinan politik dalam produknya.
  • Brand adalah citra dimana konsumen menerima brand sesuai realita yang ada.
  • Brand adalah hubungan dimana konsumen mencerminkan pengalaman mereka dengan pengalaman mengkonsumsi barang atau jasa.

0 komentar:

Posting Komentar